5 Pinjol Bunga Rendah Resmi OJK

Pinjol bunga rendah diinginkan oleh semua orang. Tapi apakah ada perusahaan yang menyediakan pinjaman online resmi OJK dengan bunga rendah?

Mari kita cari tahu jawabannya bersama dalam artikel tentang pinjol bunga rendah berikut ini!

Berhutang merupakan hal yang harus kita hindari sebisa mungkin. Bukan hanya untuk orang lain, tapi juga untuk diri sendiri.

Apalagi jika kita berutang uang untuk barang habis pakai yang akan terdepresiasi seiring berjalannya waktu.

Kendati demikian itu tidak berarti utang merupakan tindakan yang buruk.

Apalagi jika kita menggunakan hutang untuk pengeluaran yang lebih bermanfaat dan mampu menghasilkan pendapatan lain bagi kita.

Misalnya saja berhutang untuk pembelian alat-alat elektronik yang dapat menunjang pekerjaan kita.

Sehingga hal ini memungkinkan kita untuk memiliki penghasilan lain, karena banyak yang menemukan pekerjaan sampingan dari peningkatan kinerja yang kita lakukan.

Selain itu, bagi kita yang tidak memiliki dana darurat, berutang adalah satu-satunya solusi ketika muncul keadaan darurat yang mengharuskan kita mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, utang terus berkembang dan menawarkan banyak fasilitas kepada nasabahnya.

Bukti nyatanya adalah banyaknya perusahaan fintech dan bank yang menawarkan pinjaman online cepat cair.

Aktivitas hutang ini perlahan-lahan beralih ke sepenuhnya online memungkinkan verifikasi data secara daring hanya melalui foto.

Kemudahaan ini kemudian menjadi pedang bermata dua bagi beberapa oportunis.

Mereka cenderung lebih sering mengandalkan utang online ketika dalam keadaan mendesak, terlepas dari apakah tingkat bunganya lebih tinggi daripada pinjaman melalui lembaga keuangan lainnya.

Tingkat bunga pinjol rata-rata yang ditetapkan oleh perusahaan fintech berkisar antara 0,3% hingga 0,46% per hari.

Sedangkan bunga tahunan untuk kredit produktif berkisar antara 12-24%. Tingkat suku bunga Ini jelas jauh lebih besar daripada platform pinjaman lain daripada pinjaman online.

Misalnya saja bank BNI yang menetapkan suku bunga antara 7,25% dan 8,75% per tahun.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah: apakah ada perusahaan pinjaman bunga rendah online?

Jawabannya ada.

Sejak tahun lalu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mendesak perusahaan pinjaman online di Indonesia menurunkan suku bunga pinjol agar pengguna tidak terberatkan.

Sejak itu, bunga pinjol atas pinjaman konsumtif dibatasi hingga 0,8% per hari dengan bunga maksimum dan biaya lainnya tidak lebih dari pokok hutang.

Berikutnya muncul ketentuan anyar bahwa OJK menurunkan suku bunga menjadi 0,4% untuk pinjaman multiguna dan jangka pendek.

Daftar Pinjol Bunga Rendah