Cara Merangkum Video dari Youtube Secara Otomatis

ATMnews.id – Banyak yang mencari cara merangkum video dari YouTube. Sekarang ini, YouTube bisa dibilang menjadi salah satu faktor media sosial yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk memperoleh penghasilan lewat monetisasi. YouTube memang banyak menampilkan berbagai jenis video termasuk yang bersifat edukasi dan memberikan informasi bermanfaat. 

Bagi para siswa, seringkali juga memperoleh tugas dari guru agar mereview atau membuat resume dari sebuah video yang ada di channel YouTube. Pada umumnya, video tersebut berisi tentang pembelajaran di sekolah yang membahas mengenai berita, informasi terkini dan sebagainya. Pada intinya tidak jauh-jauh dari bidang edukasi. 

Sebelum tahu cara merangkum video dari YouTube, umumnya harus mendengarkan terlebih dahulu untuk pembelian mencatat apa yang dibicarakan. Akan tetapi cara tersebut cukup membebani yang lagi jika memang pembicaranya berbicara terlalu cepat. Hasilnya, Anda harus mengulang terus-menerus videonya untuk mengetahui apa yang sudah dikatakan. 

Oleh karenanya, Anda dapat mempermudah resume video YouTube dengan cara menggunakan sebuah situs yang memungkinkan untuk melakukannya. Nantinya, semua hal yang dikatakan oleh pembicara akan diubah kedalam teks dengan otomatis. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut yang telah tim redaksi atmnews.id rangkum.

[toc]

Situs Untuk Konversi Video Menjadi Teks

Pada dasarnya, terdapat banyak situs di internet yang dapat dipakai untuk cara merangkum video dari  YouTube dan diubah menjadi teks dengan otomatis. salah satu yang dapat digunakan adalah Anthiago Free Automatic Transcript. 

Situs ini akan berisi alat yang dapat dipakai secara gratis untuk mengekstrak subtitle dari video YouTube, video wawancara, teks talks, dan lain-lain secara mudah. Lalu Bagaimana cara melakukannya? Simak ulasan selanjutnya. 

Cara Membuat Resume Video Di Youtube Secara Otomatis

Anthiago

Agar bisa membuat tahu cara merangkum video dari YouTube secara otomatis via online Anda bisa lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama bukalah video YouTube yang hendak Anda rangkum isinya. Berikutnya, copy URL atau link video tersebut.
  • Selanjutnya, bukalah browser di handphone misalnya Google chrome atau Mozilla Firefox. Pada kolom pencarian ya, ketiklah Anthiago dan kemudian cari. Lalu situsnya akan muncul di  pencarian paling atas.
  • Selain itu, Anda juga bisa langsung mengunjungi situsnya di alamat www.anthiago.com.
  • Jika sudah berhasil membuka situsnya, Anda bisa scroll ke bawah sampai melihat bagian Desgrabador. Selanjutnya, click English agar bisa melihat tampilan situs dalam bahasa Inggris.
  • Selanjutnya, paste link YouTube yang sudah di-copy sebelumnya dan kemudian klik transcript.
  • Anda dapat menunggu beberapa saat hingga tuh selesai melakukan proses transkripsi video. Jika sudah selesai, maka hasilnya akan langsung kelihatan pada bagian bawah. 

Hal yang penting untuk dilakukan yaitu anda memeriksa kembali bagaimana tata bahasa di hasil transkripsi tersebut. Alasannya, pasti akan banyak kata-kata yang kelihatan tidak nyambung dan tidak terhubung dengan baik antara satu kalimat dengan yang lain. Ini wajar saja karena memang gaya bahasa dari bahasa lisan akan berbeda dengan tulisan. 

Banyak orang yang melakukan cara merangkum video dari YouTube ini untuk mengambil Apa intisari dari sebuah video tanpa harus melihatnya terlebih dahulu. Ada banyak alasannya karena bisa juga kesibukan yang cukup padat. Jadi, dibandingkan mendengarkan video akan lebih cepat jika langsung melihat teksnya.

Biasanya, video-video yang berasal dari bahasa Inggris akan memiliki transkripsi yang lebih baik dibandingkan video dari bahasa Indonesia. Jadi, jika anda punya tugas merangkum dari video YouTube berbahasa Indonesia cobalah untuk memahami teksnya terlebih dahulu supaya tidak terjadi kesalahan.

Cara Membuat Resume Video dengan menggunakan Google docs

Google Docs

Selain dengan menggunakan cara di atas, cara merangkum video dari YouTube juga dapat merangkum sebuah video dari YouTube dengan menggunakan Google docs. Pada prinsipnya, menggunakan layanan voice typing. Lalu bagaimana penerapannya? Berikut Anda bisa ikuti langkah-langkahnya:

Pada cara merangkum video dari  YouTube teks di dokumen Google docs ini Anda harus tetap mengawasi proses pengetikan tersebut karena memang kerap kali ada kendala maupun hasil ketikan yang tidak sesuai dengan apa yang diucapkan.

Menggunakan Aplikasi Speech Notes

Aplikasi Speech Notes

Cara merangkum video dari YouTube selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memakai aplikasi Android yaitu speechnotes. Adapun uraian langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Instal aplikasi speechnotes yang ada di playstore atau app store. 
  • Tunggulah proses instalasi selesai dan jika sudah selesai, buka aplikasi. 
  • Jika memerlukan perizinan akses ke microphone maupun file maka izinkan. 
  • Atur terlebih dahulu bahasa menjadi bahasa Indonesia.
  • Buka video YouTube yang hendak Anda rangkum di komputer atau handphone lain. Pastikan suara audionya jelas dan volume cukup keras. 
  • Mainkan video di YouTube sembari mengaktifkan perekaman di aplikasi speechnotes.
  • Maka, apa yang disampaikan di video akan secara otomatis terketik di aplikasi speechnotes.
  • Anda harus tetap mengawasinya karena memang seringkali terjadi typo atau kesalahan ketik.
  • Jika ada, maka bisa pause terlebih dahulu video sambil memperbaiki kualitas ketikan.

Menggunakan Aplikasi Catatan dan Google Keyboard

Setiap handphone yang memiliki sistem operasi Android, pada umumnya menjadikan Google keyboard sebagai default untuk mengetik. Jika memang belum, Anda sebaiknya install terlebih dahulu di play store atau app store. Alasannya, bisa dijadikan sarana untuk meresume video dengan menggunakan fasilitas jika memang sudah terinstal, pastikan juga untuk aktifkan dictation di  pengaturan keyboard. 

Mengenai bagaimana cara merangkum video dari YouTube dengan menggunakan Google keyboard, bisa anda ikuti sebagai berikut: 

  • Bukalah notes atau catatan yang ada di handphone
  • Tab ikon plus untuk mulai membuat catatan baru dan pilih setting bahasa Indonesia. 
  • Ketika keyboard muncul, Anda bisa klik icon mic.
  • Putar video YouTube yang hendak di rangkum di handphone lain atau komputer, dan pastikan Suara jelas untuk bisa direkam. 
  • Kembali ke layar pengetikan dan kemudian klik icon mic di sebelah atas kanan keyboard. 
  • Sambil memutar video, proses perekaman dilakukan dan apa yang muncul di ketikan notes akan sesuai dengan yang dikatakan. 

Menggunakan Situs Dictation.io

Dictation IO

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan situs dictation.io. adapun panduan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Bukalah browser di handphone dan kemudian akses ke situs dictation.io 
  • Jika sudah, maka klik launch dictation.
  • Maka anda akan diarahkan ke sebuah notepad, dan kemudian setting terlebih dahulu bahasanya ke bahasa Indonesia.
  • Buka situs YouTube di perangkat handphone lain atau komputer dan mulai memainkan video yang hendak dikonversi suaranya ke teks.
  • Pada situs dictation.io klik gambar mikrofon dan berikan akses untuk merekam.
  • Maka, selanjutnya proses perekaman akan berlangsung dan tetap harus diperhatikan untuk memastikan kualitas teks benar.

Kesimpulannya cara merangkum video dari YouTube ini sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Melalui ke tiga cara yang sudah disebutkan, tentu akan semakin mempermudah pelajar maupun Siapa saja yang ingin meresume video. Semoga apa yang kami sampaikan memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *