Jangan Asal Pilih, Nih 8 Daftar Pinjol Bunga Rendah OJK yang Aman

Di era digital, aplikasi pinjol bunga rendah OJK jadi godaan banget, khususnya ketika lagi butuh dana cepat dan lumayan banyak.

Cukup bawa KTP, udah bisa dapat duit pinjeman, loh. Apalagi, sekarang banyak banget pinjol yang nawarin bunga rendah.

Tapi, nih, harus kita inget juga, jangan asal ambil pinjol aja ya. Kita harus hati-hati banget sama pinjol ilegal yang bisa bikin kita masuk jurang utang.

Udah banyak banget lho yang jadi korban. Makanya, sebelum kita terjerumus, kita harus cari tahu dulu nih, aplikasi pinjol mana aja yang udah resmi terdaftar di OJK, tapi tetep punya bunga yang ramah kantong.

Jadi, ini nih yang bisa bantu kita, kan? Dengan pilihan yang aman kayak gini, pastinya kita jadi untung.

Nah, kalo kamu lagi mau tau apa aja aplikasi pinjol bunga rendah yang punya ijin OJK, yuk lanjutin baca artikelnya di bawah ini.

Daftar Pinjol Bunga Rendah OJK

Makin hari semakin banyak muncul aplikasi Pinjol bunga rendah OJK yang oke banget buat tahun 2023.

Nah, yang lebih keren lagi, ini adalah pilihan yang bisa kita rekomendasikan dan tentunya bisa dipercaya.

Jadi, nih, kita akan bahas daftar rekomendasi aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) terbaik yang punya bunga rendah untuk tahun 2023.

Semua aplikasi pinjol bunga rendah ini resmi terdaftar di OJK kok, jadi aman banget. Udah gitu, kita juga siapin simulasi yang bisa kamu cek sendiri, biar kamu bisa pertimbangkan dengan lebih baik.

1. Indodana

Indodana, sebuah aplikasi pinjol bunga rendah OJK yang beroperasi di bawah naungan PT Artha Dana Teknologi.

Status keabsahan usahanya telah sah dan terdaftar di OJK sejak Maret 2018. Sesuai dengan jejak fintech lain, Indodana menghadirkan produk pinjaman online tanpa syarat jaminan yang memusingkan, melainkan dengan pendekatan simpel.

Adapun jangka waktu pembayaran yang disiapkan bervariasi antara tiga hingga sembilan bulan, dan besaran batasan maksimal yang bisa dipinjam pun mencapai angka yang mengesankan, yaitu Rp12.000.000.

Sebagai tambahan, Indodana menawarkan layanan paylater untuk mempermudah transaksi belanja di mitra dagang yang telah bergandengan.

Adapun kisaran maksimal dalam layanan paylater ini melambung tinggi hingga angka Rp25.000.000. Hal yang perlu diperhatikan adalah dalam prinsip kerjanya, Indodana hanya memfasilitasi satu jenis pinjaman pada satu periode tertentu.

Dengan kata lain, saat tengah memanfaatkan fitur paylater dari Indodana, tidak dimungkinkan untuk mengajukan pinjaman tunai dari sumber yang sama.

Bagaimana langkah-langkah pengajuan pinjaman di Indodana? Silakan simak petunjuk berikut:

  • Unduh aplikasi Indodana melalui PlayStore atau App Store.
  • Ikuti tahap pendaftaran akun Indodana yang telah diatur. Kemudian, kode OTP yang akan diterima lewat SMS harus diinputkan dalam aplikasi Indodana.
  • Persetujuan akses terhadap beberapa fitur pada perangkat cerdas, seperti kamera, mikrofon, dan lokasi, akan diminta oleh Indodana. Bagi yang ingin memahami alasan di balik permintaan tersebut, bisa merujuk ke bagian syarat dan ketentuan.
  • Pemilihan jenis pinjaman, batasan plafon, serta durasi periode pembayaran dapat dilakukan. Supaya lebih terperinci, kalkulator kredit yang tersedia bisa diaktifkan guna memeriksa nilai pembayaran, bunga, serta jangka waktu pembayaran sesuai seleksi yang dibuat. Setelahnya, opsi pinjaman dipilih dan tombol “Lanjut” ditekan.
  • Informasi pribadi seperti tanggal lahir, alamat, dan nomor rekening dimohon untuk diisikan.
  • Kelengkapan info pekerjaan, termasuk detail nama perusahaan, alamatnya, dan juga pendapatan, tidak boleh terlupakan.
  • Keluarga atau kenalan yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat juga perlu dicantumkan.
  • Foto KTP bersama wajah pemohon dalam format selfie diunggah.
  • Indodana juga meminta penghubungan antara akun pribadi dengan nomor ponsel lain, akun transportasi online, serta akun e-commerce. Meski opsional, menghubungkan satu dari ketiga akun tersebut bisa meningkatkan peluang persetujuan aplikasi pinjaman.
  • Tahap berikutnya adalah validasi atas pendapatan yang memerlukan izin untuk mengakses rekening atau anggotaan BPJS. Hanya informasi username dan password internet banking yang diminta. Keamanan akun personal ditegaskan oleh Indodana.
  • Setelah semua informasi terisi dengan benar, tombol “Ajukan Pinjaman” bisa ditekan. Apabila aplikasi disetujui, dana pinjaman akan segera dikirim ke rekening yang dimiliki pemohon.

Adapun syarat-syarat untuk mengajukan pinjaman di Indodana adalah sebagai berikut:

  • Status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditegakkan oleh KTP resmi dan masih berlaku.
  • Usia berkisar dari 20 hingga 65 tahun.
  • Penghasilan minimal melebihi Rp3.500.000.
  • Pembayaran angsuran diatur tiap 30 hari sesuai tanggal peminjaman.
  • Mempunyai tempat tinggal di wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera, Kalimantan, atau Sulawesi.

Keuntungan lain yang bisa diambil dari pilihan pinjol bunga rendah Indodana antara lain:

  • Proses pengajuan yang terbilang sangat cepat, bahkan tak sampai 24 jam. Waktu yang diperlukan mulai dari pengajuan hingga pencairan dana hanya memerlukan interval waktu sekitar 2 jam.
  • Permintaan dokumen hanya berbentuk KTP.
  • Fasilitas pinjaman yang disediakan oleh Indodana mencakup pilihan pinjaman tunai serta sistem pembayaran secara cicilan.

Baca Juga: 7 Alternatif Pinjaman Online Langsung Cair KTP 24 Jam Tanpa Ribet

2. Julo

Julo termasuk aplikasi pinjol bunga rendah OJK yang legal dan terdaftar di OJK sejak tahun 2018. Nah, berarti Julo ini aman dan bisa dipercaya banget. Mereka beroperasi sebagai PT Julo Teknologi Finansial dan udah ada sejak 2016 di Indonesia.

Kalau mau coba, tinggal unduh aja aplikasi Julo di PlayStore atau App Store. Terus, kamu bisa ajukan pinjaman mulai dari Rp500.000 sampe Rp8.000.000.

Cicilannya bisa sampai delapan bulan. Gampang banget, kok. Hanya dengan KTP, kamu bisa dapetin pinjaman buat semua keperluan.

Gimana cara dapetin pinjol bunga rendah OJK ini? Simak nih:

  • Langsung aja unduh aplikasi Julo.
  • Pilih produk pinjaman yang pas buat kamu.
  • Isi data pribadi yang diminta.
  • Setelah data lengkap, tim analis dari Julo bakal hubungin kamu buat verifikasi.
  • Kalau pinjaman disetujui, duitnya langsung masuk ke rekening bank kamu.

Nah, kriteria buat mengajukan pinjaman di Julo:

  • Warga Negara Indonesia yang usianya antara 21-50 tahun, dan punya alamat di Indonesia.
  • Punya penghasilan tetap, minimal Rp2.000.000.
  • Harus punya nomor HP yang bisa dihubungi.

Kelebihan dari pinjaman bunga rendah Julo:

  • Enggak butuh jaminan apa-apa.
  • Duit pinjaman bakal cair dengan cepat, dalam waktu kurang dari sehari.
  • Kamu enggak akan kena biaya administrasi.
  • Oh iya, setiap orang yang pinjem juga bakal dapat cashback dan kesempatan ikutan undian berhadiah tiap bulannya.

3. Kredivo

Ada juga nih aplikasi pinjol bunga rendah OJK yang emang paling terkenal, yaitu Kredivo. Nah, ini nih yang dikelola oleh PT FinAccel Digital Indonesia.

Kredivo ini jadi pionir, soalnya dia yang pertama kali terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.

Jadi begini, Kredivo ini nyediain kredit online dengan limit sampe Rp 30.000.000 buat belanja di lebih dari 200 e-commerce di Indonesia.

Asyiknya lagi, kamu bisa belanja sekarang tapi bayarnya nanti. Nah, belanjaan bisa dicicil dalam 30 hari aja. Atau kalau mau lebih lama, bisa dicicil tiga bulan tanpa bunga sama sekali.

Kamu yang mau cicil lebih lama juga bisa, Kredivo ngasih waktu sampai enam sampai 12 bulan dengan bunga 2.6% per bulan.

Nah, gak cuma buat belanja, Kredivo juga punya opsi pinjaman uang tunai yang bakal masuk ke rekening kamu.

Bagaimana caranya ajukan pinjol bunga rendah OJK yang satu ini? Begini caranya:

  • Langsung aja unduh aplikasi Kredivo lewat PlayStore atau App Store.
  • Install aplikasinya di HP kamu.
  • Buka aplikasinya dan klik “apply Kredivo”.
  • Pilih jenis pinjaman yang sesuai, terus klik “lanjutkan”.
  • Foto kamu diunggah dan data pribadi diisi di kolom yang ada.
  • Setelah pengajuan berhasil, tim Kredivo bakal ngecek profil kredit kamu.

Untuk mengajukan Kredivo, harus memenuhi syarat ini:

  • Warga Negara Indonesia yang umurnya 18-60 tahun.
  • Ada penghasilan tetap minimal Rp3.000.000 per bulan.
  • Udah punya kredit cicilan selama enam bulan.
  • Nama rekening harus sama dengan yang terdaftar di Kredivo.
  • Ada di daerah yang dilayanin Kredivo, kayak Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan banyak lagi.

Keuntungan lainnya dari Kredivo:

  • Proses pendaftarannya simpel dan cepat tanpa harus disurvey-survey.
  • Enggak perlu bayar uang muka atau deposit saat ngajuin pinjaman.
  • Limit kredit cicilan bisa nyampe Rp20.000.000.
  • Sudah bekerja sama dengan lebih dari 200 merchant di seluruh Indonesia.

4. Tunaiku

Aplikasi Pinjol bunga rendah OJK berikutnya ialah Tunaiku. Nah, bedanya dengan bank-bank lain, buat pinjam duit di Tunaiku gak ribet. Cuma perlu foto KTP elektronik aja, terus ajukan pinjaman. Pasti akan dicek dalam waktu 10 menit.

Nah, ini loh untungnya kalo mau pinjem di Tunaiku:

  • Bisa pilih tenor yang fleksibel, 6 sampai 20 bulan.
  • Limit pinjaman dari 2 sampai 20 juta.
  • Suku bunganya sekitar 2% – 5%.

Syaratnya pinjol bunga rendah OJK ini gampang banget:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Punya rekening bank.
  • Tinggal di area yang disetujui Tunaiku.

Mau tahu berapa cicilan buat pinjaman di Tunaiku? Yuk, kita coba hitung:

Misalnya kamu pinjem Rp5.000.000 buat 12 bulan, maka setiap bulannya harus bayar cicilan Rp606.478, itu udah termasuk bunga dan biaya admin.

Baca Juga: Buruan Merapat! 5 Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang OJK Ini Langsung Cair Tanpa Jaminan

5. Kredit Pintar

Aplikasi pinjol bunga rendah OJK yang punya izin resmi dari OJK dan bisa ngasih dana sampe Rp20.000.000, namanya KreditPintar.

Nah, ini loh bedanya KreditPintar, mereka ngasih pinjaman duit tanpa harus ngasih jaminan apa-apa. Gak usah ribet, cuma perlu HP aja buat ajukan pinjaman di KreditPintar.

Dan yang seru, dalam waktu kurang dari 24 jam, duit pinjaman udah cair di rekening kamu. Plus, suku bunganya juga tahunan dan kurang dari 11%, tenor cicilannya bisa dari 91-360 hari.

Mau tau caranya? Begini:

  • Langsung aja unduh dan pasang aplikasi KreditPintar di HP kamu.
  • Daftar dengan isi data pribadi dan nomor HP yang kamu pake.
  • Pilih berapa duit yang mau dipinjem dan mau dicicil berapa lama.
  • Dokumen persyaratan juga diupload.
  • Tim KreditPintar bakal verifikasi data, terus setelah diapprove, duitnya langsung cair di rekening.

Nah, kalau mau ajukan pinjol bunga rendah OJK ini harus penuhi ini:

  • Warga Negara Indonesia yang umurnya antara 18-60 tahun.
  • Punya KTP dan rekening tabungan.
  • Lagi gak punya pinjaman aktif.

Nih, keuntungannya kalo pinjem di KreditPintar:

  • Proses pengajuannya cepet banget, cuma kurang dari 24 jam.
  • Gak perlu repot ngasih jaminan apa-apa.
  • Dokumen yang diminta cuma KTP, gak perlu ribet nyariin slip gaji segala.
  • Limit pinjaman bisa sampe Rp20.000.000.
  • Tenor cicilannya bisa sampe 12 bulan.
  • Oh, satu lagi yang penting, data pribadi kamu dijamin aman banget karena KreditPintar udah terdaftar dan diawasi sama OJK.

Baca Juga: 6 Pinjol Bunga Rendah Cepat Cair, Pinjaman Online Resmi Proses Hitungan Menit

6. Finmas

Pinjol bunga rendah OJK berikutnya bernama Finmas. Uniknya, ini berasal dari PT Oriente Mas Sejahtera, alias Sinarmas. Jadi kamu bisa tenang, Finmas ini juga udah dapet sertifikat ISO, jadi datamu aman banget!

Buat dapetin pinjol bunga rendah OJK lewat aplikasi Finmas gampang banget. Cukup bawa KTP aja, udah bisa dapetin dana tunai buat segala macem keperluan.

Lama pencairan cuma tiga hari aja. Eh, tenor cicilannya juga oke banget, bisa 90-270 hari. Plus, yang bikin seneng, suku bunga Finmas itu super rendah.

Caranya gimana? Simak baik-baik:

  • Pertama, pasang dulu aplikasi Finmas, buka deh aplikasinya, terus setujui privasi dan layanannya.
  • Pilih jumlah duit yang kamu butuhin.
  • Isi data diri kamu, unggah semua dokumen yang diminta kayak KTP, foto, nomor kontak darurat, penghasilan, dan nomor rekening.
  • Baca dan setujui perjanjian pinjaman. Terus tim Finmas bakal verifikasi datamu. Kalo disetujui, kamu tinggal tandatanganin perjanjian digitalnya.
  • Langsung deh, duitnya bakal cair di rekening kamu.

Nah, syaratnya simpel aja:

  • Tinggal di Indonesia dan punya KTP/SIM/Paspor.
  • Punya NPWP dan BPJS atau kartu kesehatan.
  • Umur 21-60 tahun dengan penghasilan tetap.
  • Punya rekening tabungan.

Keuntungan pinjem di Finmas:

  • Gak ribet, gak perlu jaminan apa-apa.
  • Datamu aman banget, udah terdaftar di OJK dan punya sertifikat ISO.
  • Ada fitur dana tunai dan paylater juga.
  • Suku bunganya rendah banget, cuma 35% per tahun.

7. Kredito

Berikutnya aplikasi Pinjol bunga rendah OJK juga bisa kamu peroleh lewat Kredito. Nah, mereka punya prinsip bikin layanan finansial yang gampang diakses lewat teknologi, pokoknya gak ribet.

Dan yang seru, Kredito ini punya beberapa ketentuan keren, misalnya plafon pinjaman sampai Rp10 juta, tenor pinjaman 3-12 bulan, proses cepat dan gak bikin pusing, plus biayanya juga jelas.

Buat urusan bunga, tenang aja, Kredito ini ngebolehin bunga 2.4% per bulan, dan gak perlu jaminan segala.

Gimana, mau coba simulasi pinjem duit di Kredito?

Misalnya, deh, kamu pilih pinjaman Rp1.000.000 buat setahun. Nah, abis dikurangin biaya pengelolaan, total bunga yang harus dibayar bakal jadi begini:

Total bunga yang harus dibayar = 1.000.000 x 0,0777% x 365 = Rp284.000

Jadi, total yang harus dibayarkan pas jatuh tempo, kalo bunga paling tinggi, bakal jadi 1.000.000 + 284.000 = Rp1.284.000.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pinjol Legal Bunga Rendah Terpercaya dengan Tenor Panjang

8. Rupiah Cepat

Aplikasi pinjol bunga rendah OJK yang bernama Rupiah Cepat ini gak kalah menarik loh. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi pinjaman online (Pinjol) yang sah dengan izin dari OJK, di bawah naungan PT Kredit Utama Fintech Indonesia.

Bedanya, Rupiah Cepat punya tenor yang lebih santai, setahun penuh. Dan, buat yang mau memulai usaha kecil-kecilan, nih, limit pinjamannya dari Rp500.000 sampai Rp5.000.000.

Mau tau cara ajukan pinjol di Rupiah Cepat? Gampang banget:

  • Pertama, unduh dan pasang aplikasi RupiahCepat.
  • Setelah itu, log-in pake nomor ponsel.
  • Ada kode verifikasi yang bakal dikirim lewat SMS, masukkan kode itu ke aplikasi.
  • Kamu pilih jumlah pinjeman sesuai kebutuhan, ikuti instruksinya.
  • Kalo persetujuan udah datang, dana pinjeman bakal langsung nyusul masuk ke rekening.

Ada syarat gak sih buat ngajukan Rupiah Cepat? Iya dong, ini dia:

  • Kamu Warga Negara Indonesia (WNI) dan umurnya 18 tahun atau lebih.
  • Ada KTP dan rekening pribadi.

Kalau soal keuntungannya, nih, dengerin baik-baik:

  • Pinjeman gampang tanpa harus repot-repot jaminan, cukup KTP.
  • Mantap dan bisa dipercaya karena sudah terdaftar di OJK dan punya sertifikat ISO 27001.
  • Bunganya juga enak di kantong, cuma 24% per tahun.

Itulah 8 aplikasi pinjol bunga rendah OJK terbaik di tahun 2023. Tapi, ada satu hal yang penting buat kamu tahu, jumlah uang yang kamu pinjem di aplikasi belum tentu 100% sama dengan yang bakal masuk ke rekening kamu. Jadi, pastikan kamu lihat juga suku bunganya dan biaya admin yang bisa aja nempel di setiap pinjol. Mudah-mudahan info ini bisa ngebantu kamu ya!