Cara Menggunakan Sound of Text Tiktok Bahasa Indonesia

ATMnews.idTiktok terus mengalami perkembangan dan upgrade dari waktu ke waktu yang membuat aplikasi sosial media satu ini tidak pernah ketinggalan zaman. Salah satu fitur terbaru dari tiktok yaitu sound of text tiktok yang merupakan fitur untuk mempermudah penggunanya.

Jika ingin merubah kata menjadi suara yang bisa digunakan sebagai background music atau efek suara pada konten. Biasanya pengguna Tiktok menggunakan fitur sound of text tiktok agar bisa membuat konten videonya menjadi lebih menarik.

Selain itu penggunaan teknologi sound of text ini juga sangat mudah digunakan dan akan membuat pembuatan konten video menjadi lebih efektif dan efisien. Karena tidak membutuhkan banyak effort untuk membuat sebuah konten, salah satu contohnya jika ingin membuat konten pastinya membutuhkan suara.

Sehingga harus melakukan perekaman  terlebih dahulu atau menggunakan suara asli secara langsung. Namun terkadang hal tersebut membutuhkan mikrofon yang berkualitas agar bisa menghasilkan suara yang lebih jernih.

Hal tersebut bisa menjadi kendala bagi content Creator untuk membuat konten yang berkualitas serta disukai oleh para pengguna tiktok. Untuk membuat konten yang berkualitas sendiri memang pastinya membutuhkan modal tambahan. Tapi masih banyak pemula content Creator yang belum memiliki modal besar untuk menjadi seorang content Creator.

Maka dari itu bagi para pemula bisa menggunakan sound of text tiktok untuk membuat suara yang lebih jernih tanpa perlu merekam terlebih dahulu menggunakan microphone.

Selain itu sound of text juga berguna untuk menambahkan kata-kata yang menarik dan lucu agar bisa membuat video menjadi berbeda dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Terkadang sangat ekstrem yang digunakan sebagai watermark dalam sebuah konten baik merupakan konten audio maupun konten video.

Baca Juga: 15 Efek Filter Tiktok yang Bagus & Sering Dipakai di Android

Pengertian Sound Of Text Tiktok

Sound of text sendiri merupakan salah satu fitur yang pada mulanya dikembangkan oleh Google, sound of text sering disebut juga dengan teknologi text-to-speech. Biasanya sound of text ada pada fitur Google translate, mungkin anda sering menggunakannya ketika menerjemahkan pada Google translate.

Pada Google terjemahan ada icon dengan bentuk volume jika icon tersebut di klik, maka akan muncul suara pada kalimat yang sedang diterjemahkan. Baik itu kalimat bahasa Indonesianya maupun bahasa lain.

Fitur tersebutlah yang dinamakan dengan Google text-to-speech atau sound of eks artinya Google bisa merubah kata menjadi bentuk suara. Seiring dengan perkembangan zaman teknologi text-to-speech ini bisa digunakan pada berbagai jenis platform lain contohnya yaitu Tiktok.

Pada aplikasi Tiktok sendiri text-to-speech mempunyai fungsi sebagai salah satu cara instan untuk membuat kalimat atau efek suara. Pada dasarnya jika ingin menggunakan Google sound of text anda tidak bisa memakai fitur Google original. Karena tidak ada didalam Google translate fitur untuk mendownload hasil sound of text yang dibuat.

Pada Tiktok sendiri anda sudah bisa langsung menerapkan hasil sound of text tiktok pada konten video sehingga penggunaan dan manfaatnya berbeda jika dibandingkan dengan Google terjemahan. 

Fungsi Sound Of Text

Sound of text mempunyai cukup banyak fungsi yang bisa dikombinasikan dengan aktivitas kreatif seperti pembuatan konten atau kegiatan umum yang ada di sekitar kita.

Terkadang Anda mungkin kurang mengetahui bahwa penggunaan sound of text itu cukup banyak dan digunakan di mana-mana. Bisa dimanfaatkan sebagai salah satu hal yang cukup penting bagi beberapa orang.

Berikut ini beberapa fungsi sound of text yang sering digunakan.

a. Membuat Narasi Konten 

Mungkin anda sering mendengar suara konten narasi youtube yang terdengar seperti suara robot atau Google translate serta Google asisten.

Hal tersebut merupakan narasi yang dibuat dengan sound of text atau text to speech, biasanya orang yang menggunakan text to speech untuk membuat konten narasi youtube. Sehingga tidak perlu merekam suara atau menggunakan microphone terlebih dahulu dalam membuat konten.

b. Suara Pengumuman

Sound of text ternyata juga sering digunakan sebagai suara untuk pengumuman pada ruang publik atau berbagai tempat yang biasanya terdapat pengumuman berulang.

Penggunaan sound of text juga bisa digunakan sebagai rekaman suara background atau efek suara dan lain sebagainya. Sudah banyak orang menggunakan sound of text karena lebih mudah tanpa perlu merekam suara terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Sound Of Text Tiktok

Text to Speech Tiktok
Cara menggunakan text-to-speech di TikTok

Walaupun termasuk dalam fitur baru text-to-speech atau sound of text tiktok ini sudah banyak digunakan oleh pengguna tiktok. Karena memang mempunyai fitur yang menarik serta bisa membuat konten menjadi lebih unik.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan fitur text-to-speech ini baru tersedia pada Tiktok yang didaftarkan dari negara US atau Amerika. Sehingga mungkin bagi beberapa orang fitur sound of text pada Tiktok masih belum tersedia.

Berikut ini cara menggunakan text to speech Tiktok.

1. Upload Konten

Hal pertama yang harus dilakukan pastinya Anda harus membuat terlebih dahulu koneten Tiktok yang akan diposting.

Kemudian upload konten tersebut pada aplikasi Tiktok seperti biasanya. Sound of text tiktok akan mempermudah anda untuk menambahkan efek suara secara instan.

2. Pilih Opsi Text

Setelah mengupload konten video pastinya akan muncul settingan video tiktok yang bisa dipilih sesuai keinginan. Disini anda hanya perlu memilih opsi text yang biasanya terdapat pada bagian bawah dan biasanya digunakan untuk menambahkan tulisan.

Seperti biasa langsung tuliskan saja kata-kata yang nantinya akan dirubah menjadi suara. Jangan lupa klik done untuk menyimpan kata-kata yang sudah ditulis dan akan dibuat menjadi suara.

3. Klik Text To Speech

Setelah kata atau kalimat tersimpan pada konten video tiktok Anda selanjutnya klik saja kalimat atau kata tersebut hingga muncul tulisan atau text to speech, set duration dan edit. Langsung klik saja pada fitur text-to-speech untuk merubah kata yang telah ditulis sebelumnya menjadi suara.

Tak butuh waktu lama anda Tiktok akan melakukan konversi pada tulisan menjadi bentuk suara dan anda sudah bisa mendapatkan efek suara hasil perubahan tersebut pada konten video.

Dalam membuat sound of text tiktok sangat mudah namun yang perlu diperhatikan adalah akun pendaftaran tiktok yang terdapat fitur text tersebut.

Sementara untuk bahasa pilihan yang tersedia akan menyesuaikan dengan tulisan. Sehingga walaupun belum tersedia dalam bahasa Indonesia namun sudah bisa mengeluarkan suara dalam bahasa Indonesia.

Sebagai alternatif untuk menambahkan text pada aplikasi Tiktok Anda juga bisa menggunakan aplikasi perubah kata menjadi suara yang banyak tersedia di toko aplikasi. Ataupun menggunakan situs pengubah kata menjadi suara atau text-to-speech yang sudah banyak tersedia di internet.

Cara menggunakan aplikasi serta situs text-to-speech juga sangat mudah anda hanya perlu menuliskan kata-kata yang ingin dirubah menjadi suara. Lalu mendownload hasil konversi kata menjadi suara yang telah dibuat kemudian menempelkan sound of text tiktok pada konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *