Tidak Berpotensi Tsunami, Banten Digoyang Gempa Bumi 5,4 SR

Titik Gempa di Rangkas Bitung

ATMnews.id,Serang—Rangkasbitung dan sekitarnya dilanda gempa bumi tektonik berkekuatan 54 Skala Richter pada hari ini, Selasa (7/7/2020) tepatnya pukul 11.44.14 WIB.

Prakirawan Cuaca BMKG Kelas I Serang Rofikoh mengungkapkan, hasil analisis BMKG gempa ini memiliki paraneter update dengan magnitudo M 5,4 Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106, 15 BT atau tepatnya berlokasi di jarak 18 Km arah barat daya Rangkas Bitung, Banten pada kedalaman 87 KM. “Ini termasuk gempa bumi menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam dibawah lempeng Eurasia,” katanya.

Ia menambahkan, yang merasakan gempa bumi tersebut adalah Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi, Jakarta, Depok dan Bandung. “Saat ini belum ada laporan dari dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu. Karena terjadi di darat, jadi tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat jangan panik, karena gempa ini terjadi di darat yang mana tidak menimbulkan gempa bumi.
“Saya himbau, masyarakat tidak perlu panik karena tidak akan menimbulkan tsunami. Selain itu jangan percaya dengan berita hoax,” ujarnya. (Hendra)

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...