Report Menohok ke Pemprov! Predikat Pengangguran Banten Tertinggi Nasional

Kabupaten Serang dan Pandeglang Sumbang Pengangguran Terbanyak di Banten

ATMNews.id, Banten – Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan data 8,11 persen untuk pengangguran di Banten. Yang mencengangkan, Provinsi Banten untuk report periode Agustus 2019 persentasinya secara nasional mengantongi predikat jumlah pengangguran tertinggi.

Pada Agustus 2019, di Banten ada kenaikan sebanyak 230 ribu orang yang tertampung untuk bekerja. Kini, total pada 2019 sekitar 5,56 juta penduduk yang berstatus pekerja.

Meski 8,11 persen progres angka pengangguran mengalami penurunan di Banten, tetapi secara nasional angka pengangguran tertinggi terpatok sebesar 5,28 persen. Hingga sekarang ini, ada sebanyak 490,8 ribu orang di Banten yang menganggur.

“Angka pengangguran di Banten menempati peringkat pertama terbesar nasional,” kata Kepala BPS Banten Adhi Wiriana di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (5/11/2019).

Adhi menerangkan, pengangguran di Banten juga didominasi oleh lulusan SMK dibandingkan jenjang pendidikan lain. Ada sekitar 13,03 persen pengangguran disumbangkan lulusan SMK.

Pengangguran terbanyak kata Adhi, terjadi di Kabupaten Serang. Totalnya mencapai sebesar 10,54 persen dan disusul Kabupaten Tangerang.

Selain itu, daerah yang mengalami peningkatan jumlah pengangguran terjadi di Pandeglang yang pada periode Agustus 2018 sebesar 8,33 persen menjadi 8,71 persen.

Menurutnya ada beberapa penyebab angka pengangguran Banten menjadi yang tertinggi secara nasional. Pertama, Adhi menilai pada Februari-September daerah ini mengalami kemarau panjang. Hal ini mengakibatkan petani menganggur karena tidak bisa menanam karena pasokan air yang kurang.

Kedua, ada beberapa industri yang merumahkan karyawannya. Dan peralihan industri yang mengakibatkan jumlah pengangguran bertambah. Salah satunya, perumahan karyawan di Krakatau Steel (KS) dan tutupnya perusahaan Sandratex di Tangerang Selatan.

“Peralihan indusri di Tangsel pindah, Sandratex tutup mengakibatkan angka pengangguran (Banten) meningkat,” kata Adhi. (tim/red)

Via Redaksi

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...