Tjahyo Kumolo: Banyak ASN Jadi Timses di Pilkada

MenPAN RB Perketat Aturan Netralitas

ATMNews.id, Jakarta-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyebutkan banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang turut ikut menjadi tim sukses calon kepala daerah. ASN diduga sengaja menjadi timses, kemudian mengincar jabatan tertentu apabila pasangan calon yang didukungnya menang.

Untuk itu Kemenpan RB bakal memperketat aturan menyoal netralitas ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2020 pada Desember mendatang.

“Netralitas ASN ini menyangkut persiapan Pilkada, saya kira akan kita perketat netralitas ASN. Karena banyak ASN yang punya jabatan jembling lebih baik saya ikut tim sukses,” ujar Tjahjo dalam rapat dengan Komisi II DPR dikutip suara.com, Senin (6/7/2020).

Tjahjo mengatakan keterlibatan ASN sebagai tim sukses bukan tanpa tujuan. Mereka diduga sengaja menjadi tim sukses untuk kemudian mengincar jabatan tertentu apabila pasangan calon yang didukungnya menang Pilkada.

“Siapa tahu tim sukses saya menang pemilu kepala daerah otomatis dia bisa dapat jabatan. Dia hanya pasif yang dapat yang aktif, sampai ada kemarin sekda ikut terlibat,” ujar Tjahjo.

Untuk itu, nantinya Kementerian PAN-RB bersama Kementerian Dalam Negeri, KASN, KPU dan Bawaslu bakal melakukan rapat lebih lanjut untuk membicarakan mengenai pengetatan aturan netralitas ASN.

“Jadi netralitas ASN siapapun kepala daerahnya dari partai manapun atau tidak ada partai tapi ASN harus profesional,” tegas Tjahjo. (Rizki)

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...