ATMnews
Analisis Tajam Merakyat

WNA Singapura Masuk ke Indonesia Diperketat

Status Singapura Waspada Corona

0

ATMnews.id, Kota Tangerang – Warga Negara Asing (WNA) Singapura yang datang ke Indonesia diawasi ketat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Hal itu Menyusul, peningkatan status waspada virus corona di Singapura.

Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Anas Maruf mengatakan, pemeriksaan terhadap WNA Singapura bahkan dilakukan dua kali saat tiba di pintu masuk Tanah Air.

“Jadi yang datang dari Singapura itu kita periksa suhunya dua kali dan diberikan kartu kewaspadaan kesehatan,” terang Anas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Rabu (12/2/2020).

Anas mengimbau warga negara Indonesia (WNI) untuk tidak berpergian ke negara yang terjangkit virus korona seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Sebab, negara-negara itu pun membatasi interaksi fisik antara warganya dengan orang asing, terutama Singapura.

“Ada batas-batasnya, harus diwaspadai. Menghindari perkumpulan-perkumpulan sosial atau melibatkan banyak orang. Kementerian Luar Negeri juga sudah menyampaikan, apabila tidak perlu betul, jangan ke sana,” jelasnya.

Anas menyatakan, KKP Bandara Soekarno-Hatta telah menyiagakan setidaknya 30 personel yang berjaga secara bergantian selama 24 jam.

Termasuk pula mengoperasikan thermal gun dan thermal scanner di Terminal 3 Kedatangan Internasional dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

“Total petugas sekali bertugas hampir 30 sampai 35 orang dalam 24 jam di 2 terminal. Ada tiga kelompok, berarti ada 100 orang yang dilibatkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan ada enam negara di Asia Tenggara yang dinyatakan telah terpapar virus korona sejak Januari 2020. Antara lain, Singapura, 45 kasus; Thailand, 32 kasus; Malaysia, 18 kasus; Vietnam, 14 kasus; Filipina tiga kasus, dan Kamboja satu kasus.

“Dari semua kasus, hanya ditemukan satu kasus kematian akibat virus korona di kawasan Asia Tenggara, yakni di Filipina,” tukas Anas. (hisyam)

 

Order T-Shirt Odjawa Via WhatsApp

Via Editor

Apple Car Wash TangCity

Rekomendasi

Berikan Komentar Anda Untuk Berita Ini!

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.