Hari Raya Idul Fitri di Wilayah Banten Masih Musim Pancaroba

Sore dan Malamnya Berpotensi Hujan

ATMnews.id,Serang- Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Serang saat ini masih memasuki musim pancaroba atau peralihan.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Klas 1 Serang Trian Asmarahadi mengatakan saat ini wilayah Banten memasuki musim pancaroba.

“Karakteristik dari musim pancaroba di Banten adalah hujannya cukup lebat dengan intensitas tinggi, tapi waktunya sangat pendek. Biasanya sore dan malam hari. Jadi hujannya mendadak,” ucapnya Kamis (21/5/2020).

Pihaknya memprediksi untuk musim kemarau di wilayah Banten mayoritas terjadi di Juni awal, tapi tidak menutup kemungkinan ada hujan ringan, tapi tidak seekstrim sekarang.

“Jadi pada Hari Raya Idul Fitri nanti karena masih musim pancaroba, kemungkinan di beberapa wilayah berpotensi hujan pada sore atau malam harinya. Tetapi tidak seekstrem kaya kemarin,” katanya.

Terkait hujan yang cukup lebat beberapa waktu la, sambungnya, dikarenakan adanya tekanan rendah atau pusaran tekanan rendah disebelah barat Lampung yang menyebabkan adanya konvergensi di wilayah Lampung dan Banten.

“Ini yang menyebabkan adanya pertumbuhan awan yang signifikan di wilayah Lampung dan Banten khususnya Serang cilegon dan sekitarnya,” katanya. (Mg-Dra)

TBM auto service BSD

TBM auto service BSD

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...