ATMnews
Analisis Tajam Merakyat

Sungai Ciujung Menghitam, Begini Penjelasan DLH Kabupaten Serang

Pencemaran Limbah Industri

0

ATMnews.id, SERANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang mengakui Sungai Ciujung masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Hal tersebut dikarenakan, luas sungai Ciujung 1.850 Kilometer, dengan panjang sungai 142 Kilometer. Dikelilingi ratusan perusahaan di Serang Timur. Sehingga menyebabkan sungai berubah warna dikarenakan limbah perusahaan yang dibuang ke Sungai Ciujung.

Sekretaris DLH Kabupaten Serang Yani mengatakan, kejadian air Sungai Ciujung berubah warna, pada saat musim kemarau. Sedangkan, di musim hujan limbah pun akan mengalir dan tidak menyebabkan air berubah warna.

“Jadi ada baku mutu limbah dan baku mutu sungai. Kalau pakai baku mutu limbah sudah terpenuhi. Kalau baku mutu sungai 10 liter air, dan 1 liter limbah barulah bisa mengalir. Tapi kalau musim kemarau, air sungai hanya 1 liter dan limbah 1 liter. Otomatis, sungai ciujung pun berubah warna,” ujar Yani saat ditemui di tempat kerjanya, Jum’at (14/2/2020).

Dikatakan Yani, oleh karena itu setiap perusahaan wajib memiliki tempat penampung limbah, agar tidak di buang saat musim kemarau. “Makanya harus ada penampungan limbah setiap perusahaan. Supaya air sungai ciujung tetap terjaga. Saat ini, barulah perusahaan Indah Kiat yang telah memiliki penampung limbah,” pungkasnya. (Aden)

 

Order T-Shirt Odjawa Via WhatsApp

Via Admin

Apple Car Wash TangCity

Rekomendasi

Berikan Komentar Anda Untuk Berita Ini!

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.