ATMnews
Analisis Tajam Merakyat

Ternyata Susu Tak Selalu Menyehatkan

Ini Efek Samping

0

ATMnews.id, Jakarta- Meskipun menyehat, ternyata mengonsumsi susu ada efek sampingnya.

Dilansir Republika.co.id, sebuah penelitian yang dilakukan Universitas McMaster di Kanada dan diterbitkan dalam jurnal The Lancet, mengungkapkan susu memang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian dilakukan berdasarkan survei pada 36.000 orang berusia 35 tahun hingga 70 tahun dari 21 negara yang berbeda.

Hasil penelitian menyebutkan, mengonsumsi susu membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun, jenis susu juga memiliki berbagai efek samping.

Susu almond
Minuman berkalori rendah yang terbuat dari kacang almond dan air yang telah disaring, terlihat seperti susu, tetapi memiliki rasa yang lebih busuk. Sementara, almond yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi, merupakan olahan produk akhir yang hanya mengandung sebagian kecil almond termasuk cara yang bagus untuk memotong kalori.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Calgary Kanada mengungkapkan bahwa penurunan berat badan yang sederhana antara lima hingga 10 persen adalah cara yang bagus untuk mencegah diabetes tipe-2.

Susu almond, yang kaya akan vitamin E juga mampu melindungi dari penyakit jantung dan kanker. Sebuah penelitian di Laboratorium Ilmu Kesehatan dari Jepang menemukan bahwa Vitamin E merupakan agen kuat untuk mencegah kanker.

Secangkir (240 gram) susu almond tanpa pemanis mengandung 60 kalori, 1gram karbohidrat, 3 gram lemak, dan 1 gram protein. Perlu diingat bahwa susu almond mengandung karaginan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang.

Susu kedelai
Terbuat dari kedelai dan air yang disaring, mungkin mengandung bahan agar meningkatkan waktu dalam penyimpanan. Susu kedelai, berbasis nabati, bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh in merupakan alternatif yang baik untuk orang yang tidak toleran laktosa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kedelai meningkatkan kadar kolesterol. Sebuah penilitan diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, menemukan bahwa mengonsumsi produk kedelai seperti susu kedelai mammpu mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total sambil meningkatkan kolesterol HDL yang “baik”.

Satu cangkir (240 gram) susu kedelai tanpa pemanis mengandung 100 kalori, 4 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 7 gram protein. Perlu diingat bahwa asupan makanan berbahan dasar kedelai yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah kesuburan dan jumlah sperma yang lebih rendah, ungkap penelitian Harvard pada tahun 2008.

Susu gandum
Pilihan sempurna bagi siapa pun yang mengidap alergi, susu gandum bebas dari kandungan laktosa, kacang-kacangan, kedelai, dan gluten sebagai alternatif kesehatan untuk tulang dan jantung. Dibuat dengan merendam dan mencampur gandum dengan air dan kemudian meramu ramuan itu, harus diperkaya secara terpisah dengan nutrisi seperti kalsium, kalium, zat besi dan vitamin A dan D.

Mengandung sumber Vitamin B yang bagus, penelitian mengungkapkan bahwa susu gandum dapat membantu meningkatkan suasana hati, mencegah stres serta meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Secangkir (240 gram) susu oat mengandung 120 kalori, 3 gram protein, 5 gram lemak, 16 gram karbohidrat, 2 gram serat makanan, Vitamin B12, dan D.

Susu Santan
Terbuat dari air yang disaring dan krim kelapa, santan sangat aman dikonsumsi bagi penderita alergi kacang. Susu diperkaya dengan kalsium, vitamin A, vitamin D dan lemak di dalamnya yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, menggungkapkan bahwa hal itu dapat membantu menurunkan berat badan tanpa mempengaruhi kadar kolesterol yang tinggi.

Satu cangkir (240 gram) santan mengandung 552 kalori, 57gram lemak, 5gram protein, 13gram karbohidrat, 5gram serat, dan Vitami C. perlu diingat juga bahwa santan mengandung bisphenol A, yang dapat menyebabkan masalah reproduksi dan kanker.

Susu kerbau
Susu kerbau kaya akan kalsium yang membantu mencegah risiko hipertensi dengan menjaga pembuluh darah tetap elastis dan memastikan aliran darah lancar. Susu kerbau juga rendah kolesterol dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Tinjauan lemak susu dalam jurnal Foods mengungkapkan bahwa susu sapi dikonsumsi secara global dan menyumbang 85% dari total produksi susu global, diikuti oleh kerbau (11%), kambing (2,3%), domba (1,4%) dan susu unta (0,2%).

Sebuah artikel yang diterbitkan di Science Direct juga menyoroti susu kerbau lebih kaya akan asam lemak jenuh. Kandungan kolesterol yang lebih rendah dalam susu kerbau membuatnya lebih populer daripada susu sapi bagi mereka yang sadar kesehatan. (Red)

 

Order T-Shirt Odjawa Via WhatsApp

Via Admin

Apple Car Wash TangCity

Rekomendasi

Berikan Komentar Anda Untuk Berita Ini!

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.