Kemendikbud Ajak Sekolah Bangkitkan Budaya Lokal

Art Festival Sekolah Pembangunan Jaya

ATMnews.id, Tangsel- Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Supriano meminta sekolah untuk membangkitkan kembali budaya lokal Indonesia.

“Justru kita ini cukup kaya kebudayaan tidak hanya kebudayaan yang dari Barat, justru cikal bakal pendidikan karakter pun sebenarnya sudah digaungkan oleh Ki Hajar Dewantara. Saya rasa ini perlu dibangkitkan model yang seperti ini, sehingga kekuatan lokal atau kekayaan budaya yang kita miliki bisa kita hidupkan kembali,” kata Supriano dilokasi acara Art Festival yang mengangkat tema “The Ignite Nusantara” di Bintaro Jaya Xchange, Kota Tangsel belum lama ini.

Menurutnya, Indonesia sangat luar biasa akan budaya. Dengan cara seperti ini, siswa bisa mengenal betapa kayanya Indonesia akan budayanya.

“Disamping itu, dilihat Indonesia luar biasa budayanya, anak-anak harus diperkenalkan kembali seperti permainan tradisional. Justru itu kekuatan Indonesia. Kita bangkitkan budaya kita dan mengenal betapa kayanya Indonesia,” jelasnya.

Senada dengan Supriano, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie juga menyebutkan, jika pembangunan pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang tidak mencabut akar budaya Indonesia.

“Memang pendidikan pembangunan yang berhasil tidak tercabut dari akar budaya seperti batik, permainan tradisional itu konsep pembangunan pendidikan secara keseluruhan,” ungkap Benyamin.

Ia juga sangat mendukung kegiatan sekolah yang memiliki konsep untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia.

“Saya mendukung kegiatan sekolah yang kembali kepada kekayaan khasanah budaya masyarakat Indonesia antara lain batik itu luar biasa. Contoh yang dilakukan Sekolah Pembangunan Jaya. Saya kira ini jalan baik untuk menyeimbangkan pembangunan pendidikan dengan kebudayaan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Arfest SPJ Sugimin menjelaskan, kegiatan rutin tahunan ini merupakan pameran hasil karya siswa mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA.

“Dengan Artfest, diharapkan para siswa dapat menanamkan nilai-nilai cinta tanah air, meningkatkan wawasan kebangsaan dengan mengenal keragaman budaya Indonesia melalui kreativitas, kolaboratif, dan karya seni. Sehingga membentuk siswa menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter positif,” tandas Sugimin.

Diketahui, Artfest SPJ menampilkan beragam galeri pameran hasil karya siswa yaitu galeri Lukisan, galeri keterampilan, galeri alat peraga dan sains, galeri permainan, galeri budaya, dan galeri student company. (Rls)

 

Via Redaksi

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...