KPU Kabupaten Serang Lakukan Coklit Serentak di 29 Kecamatan

Pilkada Kabupaten Serang 2020

ATMnews.id, SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak di 29 kecamatan. Hal itu guna memastikan masyarakat terdata sebagai pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang yang akan dihelat pada 9 Desember 2020.

“Target kita ingin memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Serang terdaftar sebagai pemilih,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar, Senin (18/7/2020).

Abidin mengatakan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan coklit serentak di 29 kecamatan. Untuk memastikan berjalan lancar, petugas PPDP sebelum melakukan coklit terlabih dahulu berkoordinasi dengan RT dan RW setempat. “Itu untuk memastikan ketika mendatangi rumah warga, kepala dan anggota keluarga semua berada di tempat dan semua terdata,” terang Abidin.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini memastikan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari PPDP adanya kendala dalam melakukan coklit. Meski adanya kendala, semuanya masih bisa dilakukan perbaikan.

“Kita bekerja bukan saat ini saja, kita bekerja (coklit) sampai 13 Agustus. Apabila sampai 13 Agustus ada masyarakat yang belum terdata sebagai pemilih akan kita data kembali,” jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten, Bazari Syam menambahkan, persoalan data pemilih di dalam perhelatan pesta demokrasi merupakan persoalan yang cukup krusial yang perlu mendapatkan perhatian dari seluruh pihak, karena dapat berpotensi menjadi sumber konflik. “Data pemilih biasanya menjadi sumber konflik yang muncul pasca pilkada,”ujarnya.

Meski demikian, lanjutnya, untuk kegiatan coklit kali ini pihaknya mengaku mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Serang. Karena selain telah bekerja sesuai dengan aturan, juga mengdepankan sikap etika dan sopan santun dalam menjalankan tugasnya. “KPU telah bekerja secara baik dan pilkada tahun ini optimis akan berjalan lancar aman dan damai,” pungkasnya. (Aden)

TBM auto service BSD

TBM auto service BSD

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...