Belajar Pengolahan Sampah, DPRD Kabupaten Banjar Kunjungi TPA Cilowong

DLH Kota Serang Punya Mesin Karbon

ATMnews.id, Kota Serang – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi TPA Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (30/1/2020).

Mereka rela datang ke Kota Serang untuk mempelajari mesin Karbon alat pengolahan sampah modern milik DLH Kota Serang yang berhasil mengubah sampah menjadi berbagai jenis kompos bahkan menjadi karbon.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Banjar Muhammad Yunani mengatakan, kedatangannya beserta rombongan ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong milik Pemkot Serang untuk mempelajari cara kerja dan manfaat mesin karbon pengolah sampah.

Yunani mengakui, penanganan dan pengolahan sampah yang dilakukan Pemkot Serang menarik karena dibantu dengan mesin modern yang hanya ada satu di Indonesia yakni di Kota Serang saja. Atas dasar itu, dirinya menjadikan TPSA Cilowong Kota Serang sebagai tempat studi banding pengolahan sampah.

“Oleh karena itu, kami dari DPRD Kabupaten Banjar, memilih study banding ke Kota serang untuk mempelajari penanganan sampah. pengolahan sampah di Kota Serang sangat menarik dengan adanya alat pengelolaan sampah yang hanya satu di Indonesia yakni di Kota Serang,” ujar Yunani.

Ia menjelaskan, dari hasil kunker pihaknya akan membawa hasil tersebut untuk dirapatkan dengan Pemerintah Kabupaten Banjar bersama OPD terkait. Bagaimanapun juga cara pengolahan sampah yang dilakukan Pemkab Banjar masih sederhana karena tidak didukung alat moderen seperti Kota Serang.

“Jadi hasil study banding ini akan kita bawa dan dirapatkan dengan eksekutif dalam hal ini OPD terkait untuk memaparkan solusi penanggulangan sampah. Dan kedepannya kemungkinan kita akan bekerja sama dengan Pemkot Serang dengan mengoperasionalkan alat seperti ini di daerah kami. Karena alat ini gak ada di daerah lain selain di Kota Serang,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala DLH Kota Serang Ipiyanto mengapresiasi kedatangan rombongan Komisi III DPRD Kabupaten Banjar untuk study banding. Ia mengatakan, bahwa kedatangan DPRD Kabupaten Banjar ingin tahu mengenai cara pengolahan sampah yang dilakukan oleh DLH Kota Serang dengan menggunakan mesin karbon.

“Anggota DPRD komisi III dari Banjar ini untuk mempelajari mesin karbon pengolah sampah milih kita. mereka (DPRD Banjar-red) mendengar informasi bahwa di Kota Serang ada mesin karbon pengolahan sampah dari media,” kata Ipiyanto.

Ipiyanto mengaku, selain DPRD Kabupaten Banjar, wilayah lain dan swasta pun saat ini sedang melirik cara pengolahan sampah yang dilakukan DLH Kota Serang.

“Kota Serang yang pertama punya mesin karbon. Jadi yang dateng ke sini itu bukan hanya dari Banjar saja tapi ada dari Kalimantan Tengah, Semarang, nanti juga yang akan datang ke sini itu Jambi, Solo dan Sumatra Barat itu semua akan belajar kesini dan untuk mengetahui betul atau tidak alat tersebut ada,” jelasnya. (Aden)

 

Order T-Shirt Odjawa Via WhatsApp

Via Redaksi

Apple Car Wash TangCity

Rekomendasi