Pandemi Corona, Nasib Calon Jamah Haji Masih Menunggu Keputusan Pemerintah Arab Saudi

Total Calhaj Banten Tahun Ini Sebanyak 9500

ATMnews.id,Serang-Pandemi virus corona atau covid-19 menganggu berbagai sektor aktivitas dunia, salah satunya ibadah. Kanwil Kemenag Provinsi Banten saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Kita menunggu secara resmi keputusan yang dilaksanakan pada 1 juni depan, itu informasi dari Kementrian Agama,” ucap Kepala Kanwi Kemenag Banten Bazari Syam saat ditemui di Kanwil Kemenag Banten, Kota Serang, Jumat (29/5/2020).

Kepala Bidang penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Banten Machdum Bachtiar mengatakan, penyelenggaraan haji di tahun ini kemungkinan ada tiga opsi.

“Opsi pertama bisa ditunda oleh Pemeintah Arab Saudi, karenakan Arab Saudi tuan rumahnya. Kita harapkan sih tidak ada penundaan karena masyarakat Indonesia antusias, setelah 8 tahun menunggu. Tapi memang saat ini keadaannya seperti ini. seharusnya mereka 26 juni itu sudah harus masuk asrama untuk kloter pertama di Banten,” katanya.

Opsi yang kedua, sambungnya, bisa juga Pemerintah Arab Saudi membuka tapi ada pembatasan. Misalnya yang diberangkatkan itu bagi jemaah haji yang usianya di bawah 50 tahun dan fisiknya yang prima, sehat dan kuat.

“Opsi ketiga, diberangkatkan semua dengan memperhatikan protokol kesehetan,” terangnya.

Ia menjelaskan, kalau ditunda tahun depan maka antrian akan semakin panjang, dan saat ini antriannya kalau di Banten selama 23 tahun.

“Tapi walau bagaimanapun ibadah haji itu dilaksanakan di Arab Saudi. Jadi kita mengikuti kebijakan pihak sana. Selain itu, haji itu intinya panggilan Allah. Jadi kalau kita dipanggil pasti akan berangkat,” katanya. (Mg-Dra)

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...