Revitalisasi Gedung Juang 45 Dianggarkan Rp 5 Miliar

Ditarget Rampung 2023

ATMnews.id, Kota Serang-Pemkot Serang menyiapkan anggaran RP 5 miliar untuk revitalisasi situs cagar budaya Gedung Juang 45 menjadi gedung perpustakaan dan kearsipan.

Gedung yang berlokasi di Jalan Ki Mas Jong, Alun-Alun Barat, Kota Serang akan dimulai pembangunan tahap awal pada 2020 dan ditarget selesai revitalisasi pada 2023.

Rencananya, gedung ini akan menyiapkan lima ruangan. Yakni, ruangan Perjuangan Kesultanan, ruangan kemerdekaan, ruangan pembentukan Kota Serang, Ruangan anak-anak, dan juga ruangan pentas seni. Bahkan, disediakan ruangan untuk Dewan Harian Daerah (DHD) 45 pejuang, serta pegiat literasi.

“Gedung ini akan berbasis digital dan akan menjadi destinasi sejarah. Memperkenalkan sejarah para pejuang asal Kota Serang,” Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Wahyu Nurjamil, Rabu, (10/6/2020).

“Nanti disitu (Gedung Juang 45, Red) ada auditorium, ruang rapat, tempat komunitas seni, literasi dan teater. Semua unsur boleh menggunakan gedung juang tersebut,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, gedung tersebut mengedukasi pelajar maupun anak muda yang ingin mengenal sejarah Serang.

“Kita bisa memberikan pengetahuan kepada kaum milenial mengenai nilai-nilai sejarah pejuang di Kota Serang. Ini konsep besar yang memberikan pengetahuan masa perjuangan,” tutup Wahyu. (Aden)

TBM auto service BSD

TBM auto service BSD

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...