Kemenkes Setujui Pengajuan PSBB Bekasi, Bogor, Dan Depok

Pengajuan PSBB Pemkot Tangsel Belum Disetujui

ATMNews.id Jakarta-Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari Pemprov Jawa Barat sudah disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Pengajuan dari Jawa Barat itu meliputi Bekasi Kabupaten, Bekasi Kota, Bogor Kabupaten, Bogor Kota, dan Depok. Mereka dijadikan satu pengajuan dari Jabar dan sudah disetujui,” katanya dikutip RMOL.id, Minggu (12/4/2020).

Kemenkes sepakat menyetujui Pemprov Jabar untuk dilakukan PSBB lantaran telah memenuhi syarat pengajuan PSBB yang tertuang dalam Pasal 2 Permenkes 9/2020 tentang Pedoman PSBB. Penerapan PSBB guna mencegah merebaknya wabah Covid-19.

“Disetujui karena memenuhi syarat,” tambahnya.

Selain itu, ada Pemkot Tangerang Selatan yang masuk dalam daftar pengajuan oleh Pemprov Banten untuk diberlakukan PSBB. Namun, Yurianto belum dapat menanggapi pengajuan dari Kota Tangerang Selatan.

“Yang belum mengajukan saya tidak mau berkomentar dulu,” tutupnya.

Adapun syarat wilayah yang harus dipenuhi masing-masing daerah dalam pengajuan PSBB adalah jumlah kasus dan atau jumlah kematian akibat penyakit meningkat, data penyebaran secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah, serta kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa di wilayah atau negara lain. (Red)

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...