Menteri Keuangan Sri Mulyani Jadi Guru SDN

Antusias mengikuti program 'Kemenkeu Mengajar'

ATMnews.id, Jakarta – Ratusan pelajar SDN 01 Kenari, Jakarta Pusat terlihat antusias mengikuti program ‘Kemenkeu Mengajar’ yang diselenggarakan Kementerian Keuangan Repulik Indonesia, Senin (04/11/2019) pagi.

Agar lebih dekat dengan para siswa, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani pun ikut langsung mengajari puluhan murid SD mengenai fungsi keuangan Negara. Menurutnya, pembelajaran sejak dini ini mengenai keuangan negara sangatlah penting.

Kemenkeu Mengajar merupakan bagian dari gerakan serentak dari Sabang hingga Merauke bersama 3.562 relawan lainnya yang terdiri atas pejabat dan pelaksana dari sebelas unit eselon 1 Kemenkeu. Kegiatan ini pun tersebar di 34 Provinsi, 67 Kota/Kabupaten, 174 SD dan menyentuh 58.799 siswa.

Para relawan mengajarkan peran Kemenkeu dalam menjaga ekonomi dan memperkenalkan profesi yang ada di Kemenkeu. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan profesi yang ada di Kemenkeu dengan metode pedagogik sekaligus menularkan nilai-nilai dan semangat Kemenkeu.

“Ini sebenarnya sudah tahun ke-4 kita laksanakan. Ini kita lakukan oleh seluruh jajaran Kementerian Keuangan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Menteri Sri Mulyani di SDN 01 Kenari Jakarta, Senin, (4/11/2019).

Menurutnya, tujuan acara ini untuk mengenalkan kepada anak-anak usia sekolah dasar, dalam mengenali fungsi keuangan negara secara mudah. Serta menjelaskan bagaimana mengurus keuangan negara melalui roll playing.

Dengan kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan para pelajar dapat memiliki ingatan bahwa negara Indonesia harus diurus oleh rakyatnya. Dan mengetahui bahwa negara ini merupakan negara yang berdaulat dan kemerdekaan harus kita urus sendiri.

“Kita berharap dengan waktu yang sangat sedikit, tapi dengan cara efektif dapat bisa membekas dalam ingatan mereka. Bahwa negara Indonesia ini bisa maju untuk menghidupkan sumber daya melalui keuangan negara yang diurus dengan baik,” katanya.

Selama satu jam mengajar siswa SD 01 Kenari Jakarta Pusat, Sri Mulyani menyampaikan sangat terkejut, anak-anak dapat memahami betul mengenai keuangan negara. Salah satunya diperankan dalam roll playing.

“Dengan cara ini yang paling mengesankan, mereka tahu. Tadi saya tanya apakah penerimaan pajak itu sangat penting, mereka bilang penting, saya tanya kenapa penting, mereka menjawab untuk solidaritas bersama dan ini keluar spontan dari mereka,” ujarnya.

Sementara kehadiran Menkeu RI Sri Mulyani ke SDN 01 Kenari, Jakarta Pusat ini juga disambut antusias oleh para siswa. Mereka tak menyangka bisa bertatap muka dan belajar bersama dengan Menteri Keuangan.

Hal itu disampaikan oleh Alfin (12) salah satu siswa kelas VI. Ia yang sempat bercita-cita sebagai Menteri Keuangan ini sangat senang dengan kegiatan ini. “Seneng aja. Biasanya liat di TV ini ketemu langsung. Belajar bareng,” kata Alfin.

Alfin mengungkapkan memang dirinya memilik cita-cita menjadi Menteri Keuangan karena senang belajar matematika. “Ga tahu. Seneng belajar matematika aja sih,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 01 Kenari Jakarta Pusat, Lombardini mengatakan sangat senang sekolahnya menjadi salah satu lokasi yang didatangi oleh Kementerian Keuangan dalam program Kemenkeu Mengajar. Kurang lebih ada 945 siswa yang terlibat dalam kegiatan ini dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Kedepan ia berharap apa yang disampaikan dalam materi ini, dapat menumbuhkan pengetahuan mengenai keuangan negara.

“Kita berharap anak anak bisa tambah tahu cara pengelolan keuangan. Apalagi tadi juga dijelaskan bagaimana pengelolan keuangan negara, jadi mereka tahu, ternyata uang negara kita itu dari sini,” katanya. (Kiki)

Via Editor

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...