Harga Bawang Putih Meroket, Kadin Banten Usul Gencarkan Operasi Pasar

Stok Bawang Putih Berkurang

ATMnews.id, Serang – Harga bawang putih akhir-akhir ini meroket semenjak isu virus corona menjadi wabah yang menakutkan bagi seluruh dunia. Sementara sebagian besar pasokan bawang putih tersebut didatangkan dari Tiongkok. Kondisi tersebut menyebabkan impor bawang putih dihentikan sementara.

Adi salah seorang pedagang di Pasar Rau, Kota Serang mengatakan, pasokan bawang putih yang biasa dibeli di Jakarta sekarang tidak ada stok atau kosong.

“Soalnyakan bawang putih impor dari cina, sekarang lagi distop karena ada kabar wabah virus corona jadi iya mahal. Dari harga Rp30.000 menjadi Rp60.000, naik 100 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten Agus Wisas mengatakan, pihaknya tidak menyalahkan pemda karena memang selama bawang putih ini impor dari Cina, jadi dalam hal tersebut ranahnya pemerintah pusat.

“Bawang putih saat ini memang didatangkan dari Cina, karena di Indonesia belum maksimal penanaman bawang putih. Jadi ini sudah isu nasional, dan hampir setiap daerah mengalami hal yang sama,” ucapnya.

Saat ini yang harus dilakukan, sambungnya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus rutin melakukan operasi pasar, karena dapat menyeimbangkan harga.

“Pemerintah harus melakukan operasi pasar, jangan sampai ada tambah naik lagi harganya,” ucapnya. (MgDra)

Via Admin

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...