Kabar Baik! Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Bangka Barat Dinyatakan Sembuh

Klaster Kapal Tanker

ATMnews.id, Bangka Barat – Kabar baik berembus dari Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya, sebanyak 15 pasien positif Covid-19 semuanya dinyatakan sembuh dan telah diizinkan pulang ke rumah masing-masing.

Para pasien dari klaster kapal tanker itu sebelumnya menjalani perawatan karantina di wisma Badiklat Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. Sedangkan satu di antaranya menjalani karantina mandiri di daerah Muntok.

Ketua Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, tercatat sebanyak 15 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat. Kini semua pasien tersebut telah dinyatakan sembuh.

“Sebanyak 15 pasien tersebut sudah sembuh,” kata Mikron melansir dari Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Mikron menuturkan, upaya karantina langsung diterapkan setelah para awak kapal tanker tersebut dinyatakan positif Covid-19. Langkah tersebut terbilang efektif sehingga tidak ada sebaran kasus baru di daerah Bangka Barat.

“Sampai 30 Mei 2020 kemarin, belum ada temuan kasus baru di Bangka Barat,” ujar Mikron.

Anggota Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono S mengatakan, klaster dari kapal tanker diketahui dalam dua tahap uji swab yang dilakukan di Palembang.

“Pada tahap pertama ada delapan kasus positif. Kemudian diperiksa lagi ditemukan tujuh awak kapal sehingga total 15 orang. Satu di antaranya merupakan kru darat,” kata Mulyono saat jumpa pers, beberapa waktu lalu.

Penyebaran Covid-19 di kapal tanker milik BUMN itu diduga saat interaksi awak kapal dengan kru darat di Sumatera Selatan. Kapal tanker berada di laut Muntok untuk keperluan suplai bahan bakar minyak (BBM) dengan sejumlah tugboat.

Petugas yang mengambil sampel pun harus menaiki kapal dengan menggunakan crane pengangkut barang.

Hingga Sabtu (30/5/2020) angka positif Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung tercatat sebanyak 45 orang. Sebanyak 27 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia. (hisyam)

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...