Pemkot Serang Anggarkan Rp 41 Miliar untuk Keluarga Pra Sejahtera

Pantau dan Awasi Penggunaannya

AMnews.id, Kota Serang – Anggota DPRD Kota Serang Fraksi PKS, Nur Agis Aulia mendorong dan mendesak Pemkot Serang untuk segera menyiapkan dan merealisasikan bantuan kepada keluarga pra sejahtera di wilayah Kota Serang.

Selain itu juga, dirinya meminta masyarakat untuk memantau dan mengawasi mulai dari pendataannya hingga proses pendistribusiannya.

“Saat ini pemkot menganggarkan Rp 41 miliar. Yang tadinya Rp 20 miliar lebih, saat ini diajukan Rp 41 miliar Untuk penanganan Covid 19.
Alokasi anggaran ini digunakan bukan hanya untuk Tenaga Medis (APD). Tapi anggaran ini dialokasikan untuk jaring pengamanan sosial dan pengendalian dampak ekonomi akibat Covid 19 di kota Serang,” ujar Agis saat di hubungi melalui pesan WhatsApp, Rabu (8/4/2020).

Oleh karena itu, lanjut Agis, pihaknya bersama dengan Dinsos Kota Serang untuk segera melakukan validasi data-data masyarakat Pra sejahtera di kota Serang.

“Kita juga mendorong camat, lurah hingga tingkat RT dan RW membantu proses validasi pendataan ini, supaya data cepat terpetakan dan tervalidasi dengan baik, sehingga bantuan ini bisa tepat sasaran. Dan Dinsos akan menyiapkan bantuan 25 ribu keluarga prasejahtera baru selama 3 bulan. 200rb per KK dalam bentuk sembako/tunai,” jelasnya.

Agis dari fraksi PKS juga meminta untuk masyarakat kota serang, untuk membantu mengadvokasikan masyarakat prasejahtera/masyakat miskin yang ada di lingkungannya supaya tercatat dan tervalidasi, sehingga dapat bantuan yang telah disiapkan pemkot. Dan RT dan RW segera lakukan pendataan dengan baik, kordinasi dengan lurah dan camat setempat.

“Jadi Keluarga pra sejahtera data yang memang benar-benar membutuhkan. Karena anggaran hanya untuk 25 ribu KK, jadi harus dipilah dengan cermat, dan diprioritaskan bagi keluarga yang benar-benar membutuhkan, keluarga pra sejahtera baru, yang muncul dikarenakan kondisi Covid 19 ini,” tuturnya.

Tak lupa ia pun mengajak masyarakat yang mampu, untuk ikut membantu masyarakat yang tidak mampu diwilayahnya. “Ketika belum tercover oleh bantuan pusat, provinsi, maupun Pemkot. Saatnya kita bersama melawan Corona. Mari kita saling bantu satu sama lain,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya melalui Dinsos kota Serang, data masyarakat prasejahtera /masyarakat miskin total sebanyak 41.268 KK yang tercatat di dinsos kota Serang.

Sedangkan yang sudah mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah/pemprov sejumlah 27.427 KK, adapun rinciannya sebagai berikut, PKH sebanyak 8.094, sembako sebanyak 13.811 dan jamsosratu sebanyak 5.522. (Aden)

 

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...