Tangsel Ikut DKI Jakarta Terapkan PSBB

Baru Akan Mengajukan ke Kemenkes

ATMnews.id, Tangsel – Pemkot Tangsel hari ini berencana mengajukan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Keputusan tersebut kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany diambil sebagaimana arahan Gubernur Banten yang menyarankan agar masing-masing Kepala Daerah mengajukan PSBB kepada Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

“Kita sudah koordinasi dengan Gubernur Banten, dan kemarin juga sudah video konfrens dengan Gubernur DKI dan perwakilan Kepala Daerah dari Jawa Barat yang masuk Jabodetabek. Pak Gubernur menyarankan agar kami masing-masing menyampaikan surat PSBB ke Menteri Kesehatan,” kata Airin di Puspemkot Tangsel, Kamis (9/4/2020).

Rencana mengajukan PSBB, kata Airin, sudah dibicarakan melalui rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda Tangsel. Jika semua sepakat dengan rencana tersebut, surat pengajuan kepada Kemenkes akan dilakukan hari ini.

“Tadi kita sudah rapat pimpinan dengan OPD tingkat dinas dan kecamatan, tadi juga kita sudah koordinasikan dengan keamanan dan Forkopimda, sore nanti kita juga akan koordinasikan dengan DPRD dan unsur lainnya, ya kalau memang semua mensepakati, tidak menutup kemungkinan hari ini kita akan melakukan pengiriman surat untuk pengajuan PSBB kepada Kemenkes. Paling lambat besok,”ucapnya.

Menurutnya, PSBB dianggap sebagai salah satu jalan terbaik untuk memutus penyebaran virus corona. Sebab kata dia, kebijakan tersebut tidak mungkin hanya dilakukan oleh DKI saja tanpa dibantu wilayah penyangga yang ada di Bodetabek.

“karena kita tahu mayoritas masyarakat di wilayah Bodetabek beraktifitas di Jakarta. Jadi harapannya manakala kita mengambil keputusannya sama se Jabodetabek, maka kita bisa segera memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” ungkapnya.

Kendati begitu, Airin mengaku tidak tahu apakah pelaksanaan PSBB di Tangsel bisa dipercepat atau tidak sehingga akan berbarengan waktunya dengan DKI Jakarta pada 10 Maret 2020.
Pasalnya, ada tahapan yang harus dijalankan terlebih dahulu usai surat pengajuan di terima oleh Kemenkes.

“Untuk pengajuan PSBB kan ada tahapannya, jadi setelah kita mengajukan, kementerian akan memberi jawaban setelah dua hari. Belajar dari pengalaman DKI kan kemarin ada administrasinya, maka kita sudah menyiapkan semuanya. Karena DKI sudah pernah, jadi ada kemungkinan bisa lebih cepat kalau kita sudah menyiapkan segala sesuatunya,” pungkasnya. (Ari)

 

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...