Jokowi-Anies Akur Masjid Dibuka Mulai 5 Juni

Ketua DMI tinjau Kesiapan Masjid

ATMnews.id, Jakarta – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) telah meninjau kesiapan protokol kesehatan di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan, dalam menghadapi skenario tatanan hidup baru atau New Normal pada Rabu (3/6/2020).

JK mengatakan sejumlah masjid di Jakarta akan dibuka mulai Jumat (5/6/2020). Mantan Wapres itu menyebut keputusan ini telah disepakati oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

“Berbeda dengan di pasar, di mall mungkin ada tidak bisa jaga jarak dengan betul. Tidak bisa cuci tangan setiap saat,” kata JK dikutip suara.com.

Waktu yang dihabiskan jemaah di Masjid pada penerapan new normal kata JK, akan lebih singkat.

Meski demikian, JK meminta pada pengurus masjid dan jemaah untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Itulah kenapa Bapak Presiden dan gubernur (DKI Jakarta) sepakat untuk mulai Jumat ini masjid buka karena itu dengan syarat juga masjid-masjid,” ujar Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Selain itu JK menyebut Presiden Jokowi pada Jumat nanti juga akan mencoba untuk melangsungkan salat Jumat di Istana Negara. Sedangkan dirinya akan melangsungkan salat Jumat di Masjid Al Azhar.

Kondisi pembukaan tempat ibadah juga akan dilangsungkan untuk gereja-gereja yang ada di kawasan Jakarta.

Diketahui, hari ini JK memantau persiapan sejumlah protokol kesehatan yang mesti diadakan di setiap masjid seperti penyemprotan disinfektan, tempat cuci tangan hingga penggunaan masker.

Ia meyakini kalau masjid ataupun rumah ibadah lainnya menjadi tempat yang paling aman ketimbang pasar ataupun mall. (Rizki)

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...