Aduan Bansos Covid-19 Dominasi Laporan ke Ombudsman Banten

Terbanyak ke-3 se-Nasional

ATMnews.id, Serang-Selama dibukanya posko pengaduan daring (online) bagi masyarakat terdampak pandemi virus corona pada 29 April lalu, Ombudsman RI Perwakilan Banten sudah menerima aduan sebanyak 38 aduan atau 92,7 persen terkait aduan bansos corona.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten, Dedy Irsan mengatakan, laporan yang masuk mayoritas terkait permasalahan bansos corona dari pemerintah.

“Sebanyak 38 aduan atau 92,7% terkait bansos bagi warga terdampak corona. Sisanya, layanan keuangan sebanyak 2 aduan atau 4,9 persen dan layanan transportasi sebanyak 1 aduan atau 2,4 persen,” ucapnya Jumat (15/5/2020).

Ia menambahkan, sebaran asal aduan di Banten didominasi dari wilayah Tangerang Raya yakni 25 aduan, dengan rincian Kota Tangerang Selatan 10 aduan, Kota Tangerang 8 aduan, dan Kabupaten Tangerang 7 aduan. Pengaduan lainnya berasal dari Kabupaten Serang 5 Laporan, Kota Serang 2 Laporan, Kabupaten Pandeglang 2 laporan, dan Kabupaten Lebak 1 Laporan. Sementara 6 Laporan berupa pengaduan terkait instansi pusat dan instansi lainnya.

“Jumlah aduan yang diterima Ombudsman Banten ini merupakan jumlah aduan terbanyak ketiga secara nasional.
Sementara se-nasional, Ombudsman sudah menerima dan menangani 407 aduan,” katanya.

Dedy menambahkan, secara umum masyarakat memandang bahwa prosedur dan persyaratan untuk menerima bantuan tidak jelas, banyak masyarakat terdampak tidak menerima bantuan, penerima bansos dipandang tidak tepat karena ada yang lebih membutuhkan, tidak mendapat bantuan karena pendatang, jumlah bantuan yang diterima tidak sesuai, tidak dapat menerima bantuan karena tidak memiliki KTP/KK, serta masih adanya pungli dari aparat di lapangan.

“Kami masih melihat pendataan dan penyaluran bansos masih karut marut. Masyarakat mengeluh, demikian pula aparat di bawah yang melakukan pendataan dan penyaluran. Sementara di tingkat instansi daerah masih mencari formula untuk menyampaikan informasi terkait bansos dengan baik dan lengkap,” tandasnya.

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...