DPMD Kabupaten Serang Klaim Sudah Cairkan 93 Persen BLT Dana Desa

Anggaran Sebesar Rp 19 Miliar

ATMnews.id, SERANG – Berdasarkan intruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyampaikan dalam surat edaran, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap ke II, harus sudah selesai dibagikan selama Juli 2020.

Oleh sebab itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang tengah berusaha mengoptimalkan untuk menyalurkan BLT DD tahap II. “Kita sudah 93 persen, tinggal 6 persen dalam pembagian BLT DD tahap II,” ungkap Kepala DPMD Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto melalui sambungan telephone, Jum’at, (24/7/2020).

Rudi juga menjelaskan, penyaluran BLT DD tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 50 tahun 2020, untuk tahap kedua ada pengurangan jumlah bantuan yang sebelumnya sebesar Rp 600 ribu pada tahap pertama, di tahap dua menjadi Rp 300 ribu.

Inipun, dikatakan Rudi, BLT DD merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk mendukung stimulus ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

“Kita sudah memberikan himbauan dengan melayangkan surat untuk memastikan penyaluran BLT-DD ini tidak dilakukan pungutan baik menerima atau meminta, harus full diterima masyarakat,” jelasnya.

Rudi mengakui, untuk tahap ke dua penyaluran BLT DD menghabiskan anggaran sebesar Rp 19 Miliar, dengan jumlah Desa 303, dan 32 Ribu jiwa penerima bantuan.

“Iyah itu ada dimatriknya terlihat jelas, dan kendala ada pada teknis pembagian. Karena diupayakan tidak berbarengan dengan pembagian bantuan yang lainnya. Makanya, kita akan usahakan 6 persen lagi terselesaikan hingga akhir Juli,” tutup Rudi. (Aden)

Apple Car Wash TangCity

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...