Dari Rp 1,5 Triliun, Konversi Kasda Banten Menyusut Rp 400 Miliar

Dipakai Kegiatan OPD

ATMnews.id, SERANG-Kas Daerah (Kasda) Pemprov Banten yang rencananya Rp1,9 Kasda akan dikonversi menjadi penyertaan modal Bank Banten, kini menyusut Rp400 miliar, sehingga hanya menjadi Rp1,5 triliun. Penyusutan itu dikarenakan, dana tersebut terpakai untuk beberapa kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Komposisi anggaran terus dilakukan masing-masing OPD, meskipun RKUD sudah dipindahkan. Sehingga kemudian total Kasda yang tersimpan di Bank Banten menyusut menjadi Rp1,5 triliun,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Al Muktabar, Rabu (8/7/2020).

Selain itu, sambungnya, penyertaan modal untuk Bank Banten tersebut akan dimasukan pada APBD perubahan tahun 2020. “Penyertaan modal itu nantinya akan dimasukkan dalam APBD Perubahan tahun 2020 yang akan segera dibahas,” katanya.

Mekanisme penyertaan modal yang akan dilakukan, sambungnya, sesuai aturan yang berlaku. “Batang tubuh pengelolaan APBD ini merupakan produk antara Gubernur Banten bersama DPRD Banten, menyertakan modal ke Bank Banten sebesar Rp1,5 triliun,” ujarnya.

Soal penolakan proposal penyehatan Bank Banten yang diajukan Pempov Banten kepada OJK beberapa waktu lalu, Sekda mengaku proses kajian itu masih dalam proses perbaikan.

“Itu memang sudah menjadi tugas OJK untuk melakukan evaluasi, memberikan saran dan menyatakan status perbankan dalam kondisi sehat atau tidak. Kami akan patuh terhadap semua yang disampaikan OJK,” ujarnya. (Hendra)

TBM auto service BSD

TBM auto service BSD

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...