MUI Banten Imbau Warga yang Berada di Zona Merah Corona Tidak Mudik

Mudik Bawa Penyakit Haram

ATMnews.id,Serang- Menjelang bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri, tradisi di Indonesia menjelang momentum hari besar tersebut banyak warga yang akan pulang kampung atau mudik dari tanah rantauan.

Namun, saat ini tradisi tersebut menjadi kekhawatiran banyak pihak, lantaran sedang ada pandemi virus corona atau covid-19 yang dikhawatirkan akan menyebar ke berbagai daerah kalau banyak yang melakukan mudik.

“Kalau yang mudik itu kemudian membawa penyakit, bukan malah menghibur orang tua atau keluarganya, tetapi malah bawa penyakit itu hukumnya haram,” ucap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten KH. AM Romly saat ditemui di Rumdin Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (13/4/2020).

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat yang berasal dari zona merah corona agar menahan diri untuk tidak melakukan mudik.

“Supaya tidak jatuh kepada yang haram, lebih baik masyarakat menahan diri dulu. Tidak usah mudik ke kampung,” katanya.

Meskipun maksudnya, ingin mengembirakan keluarga di kampung, tetapi dengan situasi sekarang ini lebih baik mengurungkan niat untuk mudik.

“Sekalipun niatnya baik, tetapi ternyata pada akhirnya membawa penderitaan dan merugikan orang kampung, itulah yang haram. Saat inikan bisa video call. kita harus menjaga jangan sampai kita membawa penyakit ke kampung,” ujarnya.

Tambahnya, kalau memaksakan pulang kampung, bukannya untuk silaturahmi malah justru nanti akan menimbulkan saling curiga di tengah masyarakat. (MgDra)

Disarankan Untuk Anda
Komentar
Loading...